Hati-hati dalam Memilih Kuteks

6 Feb

Salah satu bagian tubuh wanita yang tak kalah menarik untuk diperhatikan adalah kuku. Kuku memang hanyalah bagian kecil dari seluruh tubuh kita. Namun, kehadirannya jika mendapat perawatan akan membuat kita semakin menarik. Itulah sebabnya, kebanyakan wanita menggunakan cat kuku untuk memperindah tampilan kuku dan menarik perhatian banyak orang terutama kalangan pria.

Cat kuku yang biasa kita sebut dengan kuteks banyak beredar di pasaran. Manfaat yang ditawarkan juga berbeda-beda. Tiap produsen selalu menjanjikan hasil yang terbaik dan beberapa menjanjikan hasil yang tidak biasa atau berbeda dari lainnya sehingga menarik perhatian para konsumen untuk membelinya. Namun, ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai teknik memilih kuteks yang tepat.

Pertama kali yang perlu diperhatikan adalah masa kadaluarsa kutek tersebut. Menggunakan produk yang sudah lewat batas aturan pakai sangat berbahaya karena dapat menimbulkan iritasi, ruam bahkan infeksi pada bagian tubuh yang memakai produk tersebut. Jangka panjangnya dapat menyebabkan kanker.

Kemudian, perhatikan kandungan pada kuteks tersebut. Alangkah lebih baik jika Anda memilih kutek yang tidak mengandung bahan kimia. Misalnya, Dibutyl Phthalate (DBP) dapat memicu terjadinya kanker. Penggunaan bahan alami memang merupakan pilihan terbaik atau disebut non toxic. Kutek tersebut aman bagi kesehatan dan juga untuk anak-anak. Berbahan dasar air sehingga bebas dari pelarut kimia dan tidak berbau, berbeda dari cat kuku yang mengandung bahan kimia di mana baunya sangat menyengat sehingga dapat menyebabkan rasa pusing atau sakit kepala. Bahan kimia dapat menimbulkan gejala seperti iritasi kulit, mual, dan lain sebagainya. Dan yang pasti, kutek non toxic tidak akan merusak kuku karena memang tujuan Anda menggunakan kutex adalah untuk mempercantik kuku dan bukan merusaknya.

Pilihlah kuteks yang aman bagi lingkungan juga. Sebagai wanita yang cinta lingkungan di mana kita bisa hidup, tentu kita tidak hanya memperhatikan kecantikan penampilan kita saja, tetapi juga ikut mempedulikan keindahan serta keamanan lingkungan.

Kuteks yang bagus juga tidak membuat kuku menjadi kuning. Aseton yang biasanya terkandung di dalam kutek dapat menghambat kuku bersinar alami sehingga kuku menjadi kelihatan kuning serta kusam.

Kutek juga berguna dalam melindungi kuku dari sinar UV yang tidak baik. Karena itu, pemilihan kuteks yang tepat dapat melindungi kuku tanpa menimbulkan efek samping lain yang berbahaya. Ya, semua itu bergantung pada pilihan kita sebagai wanita cerdas!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: