Artikel & Gambar

Alat-alat

Nail dryer ini berfungsi untuk membantu kita agar hasil nail art kita dapat kering dengan cepat tanpa harus bersusah payah menggunakan cara lama yaitu meniup ke sepuluh jari kita.

Aseton merupakan cairan bening yang digunakan untuk menghilangkan bekas noda kuteks yang menempel pada kulita jari kita agar hasilnya terlihat lebih rapi dan indah.

Bagi Anda yang menyukai nail art jenis painting, tapi Anda tidak bisa menlukis maka Stamper & Plate bisa menjadi pilihan yang tepat. Stamper adalah stempel yang di desain khusus untuk quteks dan platters adalah cetakan dari gambar-gambar yang akan di cetak. Cara menggunakanya relatif mudah dan simpel dibandingkan dengan melukis pada kuku. Pada plat ada lekukan lubang dengan desain tertentu seperti hati, bunga, matahari, binatang, dsb. Plat ini di oles dengan quteks khusus pada bagian design yang di inginkan, dan kemudian sebelum quteks kering tempelkan stamper lalu segera tempelkan pada bagian kuku yang sudah di beri lapisan kuteks dasar.

Gunting kuku berfungsi untuk menggunting kuku kita agar lebih rapi sehingga hasil nail art kita terlihat indah nantinya.

Kikir kuku ini berfungsi untuk merapikan dan menghaluskan bagian atas kuku kita setelah menggunting kuku.

Bahan-bahan

Ada berbagai macam bahan yang dapat kita gunakan untuk membuat sebuah kreasi pada nail art kita, seperti:

  • kuteks merupakan cat kuku yang dipergunakan untuk memberi warna dasar kuku kita sebelum ditambah berbagai hiasan untuk menambah kreasi pada sentuhan nail art yang kita inginkan.
  • Kuku palsu adalah tiruan asli dari kuku dimana bahanya terbuat dari sejenis plastic, kuku palsu sangat mudah dan praktis dalam penggunaanya. Kuku palsu bisa di beli dalam keadaan polos sehingga kemudia dapat dihias, ataupun bisa jjuga di beli kuku palsu yang sudah di hias dimana sudah ready to use. Cara penggunaan kuku palsu relatif sangat mudah yaitu hanya dengan menempelkan double tip pada bagian belakang kuku palsu, atau di rekatkan dengan lem khusus kuku. Kekurangan kuku palsu adalah pada ukurangnya yang terkadang tidak bisa seratus persen sama dengan kuku asli sehingga seringkali membuat kuku tampak tidak asli atau natural. kekurangan lainya pada kuku palsu adalah kuku palsu tidak dapat menempel lama pada kuku asli maka oleh sebab itu kuku palsu cocok digunakan pada acara khusus seperti acara – acara pernikaha, pesta, dll.
  • Acrylic Paint adalah suatu jenis cat lukis yang compatible di berbagai permukaan seperti kaca, plastic, kain. Acrylic Paint lebih awet dibandingkan dengan cat air dan lebih cepat kering dari cat minyak. Penggunaanya juga sangat praktis dan dapat di encerkan dengan air biasa.

  • Acrylic Powder & Monomer : Acrylic Powder & Monomer Liquid banyak sekali pakai dalam dekorasi nail art, seperti untuk Nail Extension dan membuat banyak objek 3D pada kuku.
    Cara mengaplikasikanya tidak terlalu sulit juga tidak terlalu gampang, kedua benda ini tidak dapat di gunakan sendirian, karena di butuhkan reaksi kimia saat keduanya “bertemu”. Caranya tuangkan Monomer secukupnya pada sebuat gelas kaca kecil, berikutnya dengan kuas khusus acrylic powder celupkan kuas kedalam Monomer dan aduk sampai seluruh kuas basah, Kemuadian tiriskan dengan menekan kuas ke bibir gelas, berikutnya secara perlahan celupkan kuas basah kedalam Acrylic Powder dan angkat setalah 1 detik kemudian pada kuas akan menempel bulatan seperti pasta yang lengket, segera aplikasikan pada kuku dan bentuk dengan cepat karena akan mengering dalam waktu singkat. Kekurangan Acrylic Powder dan Monomer liquid adalah baunya yang sangat menyengat dan mudah menguning.

  • UV GEL biasa di aplikasikan untuk nail extension, penggunaanya masih sangat jarang dan biasanya hanya salon nail art dan para professional yang menggunakan UV GEL. Jika digunakan untuk Nail Extension, UV GEL memiliki banyak kelebihan di bandingkan dengan ACRYLIC POWDER & MONOMER, yaitu hasilnya yang natural, tipis, ringan dan mengkilap, tidak menguning setelah beberapa hari pemakaian dan fleksibel, serta baunya juga tidak menyengat. Kekuranganya adalah satu yaitu harganya yang relatif mahal, dan penggunaanya juga harus dengan UV Lamp untuk mengeringkan UV Gel yang sudah diaplikasikan ke kuku, serta tidak bias digunakan untuk membuat dekorasi 3D.

  • Rhinestone atau nama lainya seperti Flatback Jewel, Kristal, Berlian Gosok, Manik – Manik dan masih ada istilah – istilah lainya. Sebetulnya rhinestone adalah manik – manik yang terdiri hanya satu muka, yaitu bagian belakangnya datar sehingga bisa di tempelkan pada permukaan yang datar. Penggunaan rhinestone sendiri bukan hanya di tempelkan pada kuku, tetapi sering di dunia fashion. Menempelkan Rhinestone pada kuku akan terlihat lebih elegan dalam sekejap.

  • Dry flower, Ceramic flower, Metallic Flower merupakan Beberapa macam bunga kering yang sering diaplikasikan dalam nail art, dilihat dari bahan pembuatnya. Dry flower adalah bunga yang dikeringkan dengan teknik khusus, menggunakannya pun harus hati-hati, gunakan pinset utuk mengambil dan mendekorasikan. Ceramic flower adalah bunga imitasi yang dibuat dari polymer clay. Sedangkan metallic flower, sesuai namanya bunga imitasi ini dibuat dari logam yang dicat warna-warni.

Teknik Nail Art

Cara Menghias kuku memiliki teknik tersendiri. Di bawah ini terdapat beberapa teknik menghias kuku yang bisa dijadikan acuan.

DRAWING               

Teknik ini merupakan teknik standar yang biasa dilakukan di salon yang menyediakan nail art treatment. Teknik ini menggunakan cat kuku khusus untuk mengaplikasikan lukisan tertentu pada kuku Anda. Bila gambar atau lukisan yang akan diaplikasikan berukuran sangat kecil, biasanya digunakan jarum atau tusuk gigi. Sementara itu, untuk gambar yang besar akan digunakan kuas maupun cotton bud.

STICKER

Teknik nail art yang paling sederhana karena hanya menempelkan gambar dengan pola yang diinginkan pada kuku. Selain itu, nail sticker juga sudah banyak tersedia di pasaran dengan beragam motif dan warna, tinggal menyesuaikannya dengan busana yang akan dikenakan. Praktis dan mudah.

SWAROVSKI FRENCH

Teknik yang satu ini membutuhkan keahlian khusus karena menggabungkan teknik French manicure dengan ciri two tone. Warna yang digunakan merupakan perpaduan warna yang lebih menonjol dan lembut.

MIX / CAMPURAN

Teknik ini menggabungkan beberapa teknik di atas menjadi satu. Hasilnya, kuku terlihat lebih semarak dan menawan. Bisa juga ditambahkan berbagai material, seperti glitter, batuan, bahkan berlian. Atau bila ingin trendi, material unik, seperti bulu, bunga, manik-manik juga bisa digunakan.

Macam-macam Jenis Kuteks

1. Kutek krack Mini set : Kutek ini memberikan efek retak pada kuku.
Include :

  • Kutek dasar (sebelah kiri, ada yang warna putih, silver, gold atau hitam sesuai yang didapat dalam tiap kode). Kutek dasar bisa diganti dengan kutek apa saja di rumah
  • Kutek krack (bagian tengah). Oleskan setelah kutek dasar kering, oles sekali saja.
  • Top Coat/Kutek bening (bagian kanan). Oleskan setelah kutek retak-retak.

2. Kutek Matte/Doff : Kutek ini memberikan efek doff atau tidak glossy pada kuku. Langsung oles pada kuku dan jangan diberi kutek bening lagi.

3. Kutek Sand : Kutek ini full glitter dan memberikan efek pasir pada kuku. Tinggal oleskan langsung pada kuku dan bisa diberi kutek bening.

4. Kutek Metallic : Kutek ini full glitter dan sangat berkilau, warna-warnanya benar-benar metallic. Warna asli lebih berkilau. Tinggal oleskan langsung pada kuku.

5.Nail art pen : Kutek ini mempunyai 2 sisi. satu sisi seperti bolpoin dan satu sisi kuas tipis. Digunakan untuk menggambar.

Black Nail Art

Buat kamu yang suka nail art dengan beragam bentuk dan warna, coba deh, bikin black nail art dengan bermacam-macam motif berikut ini.

Halloween Black Nail Art
Kuku kamu yang sudah diberi kuteks warna hitam, dihias dengan berbagai bentuk hiasan kuku seperti laba-laba dan sarang laba-laba yang lucu atau bentuk devil yang unik.

Stripe Black Nail Art
Motif nail art yang cukup simple ini sangat gampang diaplikasikan pada kuku kamu. Kamu hanya tinggal mengoleskan kuteks warna hitam lalu diamkan beberapa menit, kemudian ditimpa dengan warna silver dan bentuk motif stripes.

Floral Cute Nail Art
Ingin tampil feminin dengan black nail art? Gampang banget, kamu bisa menjodohkan kuteks warna hitam dengan hiasan kuku berbentuk bunga. Selain hiasan kuku bentuk bunga yang gampang dibongkar pasang, coba lukis motif floral warna-warni di permukaan kuku kamu yang sudah diberi kuteks warna hitam.

Black vs Silver
Berkreasilah memadukan kuteks warna hitam dan silver. Kamu juga bisa menggambar bentuk apa saja sesuka kamu seperti polkadot, segitiga atau motif abstrak yang unik dan keren.

Kuteks yang bagus juga tidak membuat kuku menjadi kuning. Aseton yang biasanya terkandung di dalam kutek dapat menghambat kuku bersinar alami sehingga kuku menjadi kelihatan kuning serta kusam.

Kutek juga berguna dalam melindungi kuku dari sinar UV yang tidak baik. Karena itu, pemilihan kuteks yang tepat dapat melindungi kuku tanpa menimbulkan efek samping lain yang berbahaya. Ya, semua itu bergantung pada pilihan kita sebagai wanita cerdas!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: